10 Makanan Khas Israel yang Populer di Dunia, Lezatnya Pas di Mulut : Okezone Travel

Berita128 Dilihat

TERDAPAT 10 makanan khas Israel yang populer di dunia. Israel tidak hanya dikenal sebagai negara yang memiliki konflik panas dengan Palestina selama bertahun-tahun.

Negara ini juga dikenal memiliki sajian kuliner yang lezat. Sebagai negara Timur Tengah, cita rasa kuliner khas Israel dipengaruhi oleh gaya masakan Arab dan Mediterania.

Bagi yang penasaran, berikut 10 makanan khas Israel yang populer dilansir dari Taste Atlas.

Salad Israel

Salad Israel merupakan kuliner yang terbuat dari tomat, mentimun, bawang bombay, peterseli, dan paprika atau cabai yang dipotong dadu halus lalu dibubuhi minyak zaitun serta perasan lemon.

 BACA JUGA:

Kudapan ini sebenarnya turunan dari salad Arab dan Palestina yang biasanya disajikan sebagai hidangan utama atau pendamping. Anda bisa menjumpai salad Israel di jajanan kaki lima.

 

Ilustrasi salad

Sabich

Selanjutnya ada kuliner bernama sabich yang pertama kali dibawa ke Israel oleh orang Yahudi Irak pada 1040-an dan 1950-an. Sabich sendiri merupakan roti lapis yang dibuat dengan mengisi roti pita dengan terong goreng, telur rebus, saus tahini, salad Israel, hummus, saus acar mangga (amba), dan peterseli.

Makanan ini sering disantap sebagai camilan atau sarapan pagi dan dapat dibeli di banyak pedagang kaki lima.

Hummus

Tidak banyak yang diketahui tentang asal-usul hummus, namun hummus dipercaya muncul dari Mesir pada abad ke-13. Kudapan yang terbuat dari buncis tumbuk, pasta wijen tahini , jus lemon, dan bawang putih ini memiliki rasa yang tajam namun kaya akan nutrisi.

 BACA JUGA:

Hummus biasanya disajikan dengan sedikit minyak zaitun, dan kemudian digunakan sebagai saus untuk sayuran atau isian untuk roti pipih seperti pita.

Baca Juga  BMKG Warns Fishermen of High Waves in Sunda Strait

 Ilustrasi

Hummus

Rugelach

Rugelach merupakan roti Israel yang berasal dari Ashkenazi. Makanan ini dibuat dengan menggulung adonan berbentuk segitiga di sekeliling isian, menghasilkan kue berbentuk bulan sabit. Selain itu, adonan bisa digulung dalam bentuk strudel atau nut roll yang kemudian diiris sebelum dipanggang.

Adonan rugelach bisa dibuat dengan krim asam atau krim keju, sedangkan isiannya bisa bervariasi dari kacang-kacangan dan kismis. Secara tradisional roti ini disantap pada hari Hanukkah, tetapi juga dapat dibeli sepanjang tahun di kafe dan toko roti.

Kugel

Hidangan yang satu ini konon berasal dari Eropa Timur. Kugel berasal dari bahasa Jerman yang artinya bola. Kudapan ini merupakan puding panggang atau casserole yang biasanya dibuat dengan kentang atau mie telur dengan tambahan keju, susu, atau sayuran.

 

Kugel dapat diolah sebagai hidangan gurih atau hidangan penutup, yang pertama kali dibuat pada tahun 1600-an. Kugel manis diberi taburan gula dan mengandung buah-buahan kering seperti kismis. Baik gurih atau manis, kugel sering disajikan pada hari Sabat, Yom Tov, dan hari raya Yahudi lainnya.

 BACA JUGA:

Cholent

Sup tradisional Israel yang satu ini biasanya dimasak dengan waktu yang lama. Cholent secara tradisional dimasak pada hari Jumat, sebelum hari Sabat Yahudi, ketika semua pekerjaan dilarang.

Pada hari Sabat, rasa sudah meresap, buncis akan melunak, sedangkan potongan daging yang lebih keras akan menjadi juicy dan empuk karena waktu memasak yang lama. Hidangan ini ditemukan di Israel dan Timur Tengah, lalu menyebar ke Afrika Utara. Pada abad ke-9, itu sudah dapat ditemukan di Spanyol.

Malabi

Selanjutnya ada makanan penutup lezat bernama malabi. Makanan ini terbuat dari campuran susu dan gula, dimasak dan dikentalkan dengan tepung beras atau tepung maizena, dan biasanya dibumbui dengan bunga jeruk atau air mawar.

Baca Juga  Pedagang Curhat ke Ganjar Pranowo soal Mahalnya Harga Cabai : Okezone Economy

Malabi juga hadir dengan beberapa topping lezat di atasnya, seperti pistachio, almond, kelapa parut, kayu manis, atau kismis.


Follow Berita Okezone di Google News


Matzo

Matzo adalah roti pipih dari Israel yang secara tradisional dikonsumsi selama seminggu Paskah untuk merayakan keberangkatan bangsa Israel

dari Mesir. Menjelang hari raya, roti pipih ini dapat ditemukan sebagai bagian dari makanan pembuka, hidangan utama, dan bahkan makanan penutup.

Challah

Challah adalah sepotong roti telur beragi yang dikepang yang secara tradisional dikonsumsi pada hari Sabat di komunitas Yahudi, meskipun juga populer pada acara-acara perayaan seperti pernikahan atau brit milah .

Sebelum dipanggang, challah ditaburi biji poppy, wijen, atau ketumbar, melambangkan manna yang jatuh dari surga saat umat Israel berada di Keluaran. Pada hari Sabat, dua potong challah diletakkan di atas meja pesta, kepangnya melambangkan hubungan, keadilan, cinta, dan perdamaian.

 Ilustrasi

Falafel

Falafel adalah makanan khas Israel yang juga sering dijumpai di beberapa negara Timur Tengah lainnya. Makanan ini terbuat dari kacang fava, buncis atau kombinasi dari keduanya.

Saat ini, baik di Israel dan negara-negara Timur Tengah lainnya, gorengan falafel paling sering dinikmati dalam roti lapis pita atau lafa, di atasnya diberi sayuran segar atau acar, dan dilapisi dengan pasta hummus, saus tahini, atau saus yogurt rasa bawang putih yang gurih.

Demikian 10 makanan khas Israel yang populer.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *