3 Negara yang Jadi Tempat Penampungan Pengungsi Rohingya : Okezone News

Berita91 Dilihat

JAKARTA – Perahu yang membawa kelompok pengungsi Rohingya ratusan pengungsi Rohingya, termasuk perempuan dan anak-anak telah sampai di Provinsi Aceh paling utara Indonesia.




Pengungsi Rohingya tiba dan petugas polisi mengantarkan ke kamp Pramuka di Kabupaten Pidie bulan ini. Namun, warga memblokir pintu masuk dan melarang mereka masuk.

Pihak berwenang mengawal para pengungsi ke pusat konvensi yang dikelola Kementerian Sosial. Sayangnya penduduk juga tidak memperbolehkan mereka untuk tinggal.

Mengutip Associated Press, para pengungsi akhirnya dibawa kembali ke tempat kantor gubernur berada. Mereka kemudian ditampung di kompleks gedung pertemuan di Kota Banda Aceh milik pemerintah.

Sejak November, lebih dari 1.500 pengungsi Rohingya telah tiba dengan perahu di Provinsi Aceh, Indonesia.

Akibat dari permasalahan Myanmar yang tidak mau mengakui, orang Rohingya akhirnya memutuskan mengungsi di beberapa negara.

Berikut 3 negara yang jadi tempat penampungan Rohingya.

1. Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjelaskan, Indonesia hanya memberikan perlindungan sementara bagi pengungsi Rohingya karena negara tersebut menganut prinsip kemanusiaan dalam konstitusinya.

Menurut Konvensi Pengungsi tahun 1951, hanya negara pihak pada konvensi tersebut yang wajib melindungi pengungsi berdasarkan kewajiban yang terikat pada konvensi. Indonesia tidak meratifikasi konvensi tersebut, jadi Indonesia berhak menolak pencari tempat pengungsi berdasarkan hukum internasional.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya


2. Malaysia 

Baca Juga  Anak Sering Makan Sambil Nonton dan Dipangku, Ini Bahayanya Moms

Catatan dari UNHCR, pengungsi Rohingya yang berada di Malaysia ada sekitar 107.030 orang hingga akhir Oktober 2023. Sama seperti Indonesia, Malaysia tidak mempunyai kewajiban menerima pengungsi. Namun, Malaysia telah menerima pengungsi Rohingya sejak 2013.

Malaysia menjadi salah satu tujuan negara tujuan pengungsi Rohingya, karena Malaysia mempunyai sejarah panjang dalam menerima berbagai pengungsi dari sejumlah negara yang mengalami konflik.

3. Bangladesh 

Para pengungsi Rohingya meninggalkan Myanmar yang mayoritasnya beragama Buddha ke kamp-kamp di Bangladesh sejak Agustus 2017. Diketahui, kondisi keamanan Cox’s Bazar banyak terjadi penculikan, pemerasan, pembunuhan, penembakan dan serangan.

Pengungsi Rohingya mendapatkan batasan dalam mengakses pekerjaan dan pendidikan. Mereka tidak diizinkan untuk bekerja atau bersekolah yang layak karena pihak pemerintahan tidak mengizinkan mereka berintegrasi ke masyarakat umum.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *