5 Langkah Wajib Dipersiapkan jika Ingin Kerja di Luar Negeri : Okezone Economy

Berita120 Dilihat

JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (

“>Kemnaker) memberikan pengingat penting kepada para calon pekerja migran yang bermimpi bekerja di luar negeri.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyoroti 5 Siap atau langkah-langkah kunci yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri.

Menurut Ida, persiapan yang matang menjadi kunci utama bagi para pencari kerja yang ingin menggali peluang di luar negeri. Berikut adalah rincian kelima hal yang perlu dipersiapkan melalui akun resmi Instagram @kemnaker, pada Minggu (10/12/2023):

1. Siap Dokumen

Menaker mengingatkan pentingnya kesiapan dokumen. Calon pekerja di luar negeri harus memastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan, seperti paspor dan visa, sudah lengkap dan valid.

Baca Juga: Tumbuhkan Laju Daur Ulang, Coca-Cola Gandeng Grab Gaungkan Program Recycle Me


Follow Berita Okezone di Google News


2. Siap Keterampilan

Keahlian dan keterampilan yang dimiliki calon pekerja sangat mempengaruhi kesuksesan mereka di tempat kerja. Menaker mendorong para pencari kerja untuk terus meningkatkan dan mengasah keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja global.

3. Siap Fisik dan Mental

Kesiapan fisik dan mental menjadi aspek penting yang tidak boleh diabaikan. Proses adaptasi di lingkungan baru dapat menjadi tantangan, sehingga calon pekerja perlu memastikan bahwa kondisi fisik dan mental mereka siap menghadapi perubahan.

4. Siap Bahasa

Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa setempat di negara tujuan merupakan aspek penting. Menaker menyarankan agar calon pekerja mempersiapkan diri dengan mempelajari bahasa yang umum digunakan di tempat tujuan mereka.

5. Siap Pengetahuan Negara Tujuan

Memahami budaya, norma, dan nilai-nilai di negara tujuan adalah hal yang tidak kalah penting. Menaker mengingatkan agar calon pekerja memiliki pengetahuan yang cukup tentang negara tempat mereka akan bekerja.

Baca Juga  Lewat Lagu Risalah Hati, Ivo Chu Hadirkan Sesuatu yang Baru

Dengan mengingat dan mempersiapkan kelima hal tersebut, calon pekerja diharapkan dapat meminimalkan risiko dan meningkatkan peluang sukses di dunia kerja internasional.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *