5 Penyebab Gigi Berlubang – Gaya Tempo.co

Berita196 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Banyak penyebab gigi berlubang atau karies. Merujuk Mayo Clinic, plak dan bakteri antara lain penyebabnya. Lapisan tipis yang terbentuk di permukaan gigi terdiri atas sisa-sisa makanan, bakteri, dan zat lainnya

Jika plak atau sisa makanan tidak dihilangkan menggunakan sikat gigi dan benang akan menghasilkan asam yang merusak lapisan email gigi. Akibatnya, gigi berlubang dan mengalami kerusakan.

Penyebab gigi berlubang

1. Makanan manis

Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula menjadi sumber berkembang biak bakteri di mulut. Bakteri ini mencerna gula dan menghasilkan asam sebagai produk sampingan yang merusak lapisan gigi. Minuman berkarbonasi dan makanan manis yang lengket menempel di gigi dan mempercepat proses kerusakan.

2. Gigi dan mulut kotor

Cara menyikat yang tak tepat dan tidak rutin berakibat meningkatkan risiko gigi berlubang. Membersihkan gigi secara benar setidaknya dua kali sehari, menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida, dan menjalani pemeriksaan rutin membantu mencegah masalah ini.

3. Kurang fluorida

Iklan

Merujuk Cleveand Clinic, fluorida adalah mineral yang melindungi dan menguatkan lapisan email gigi. Jika air minum atau pasta gigi yang digunakan tidak mengandung fluorida, gigi dapat rentan rusak karena serangan asam yang menyebabkan lubang.

4. Tembakau

Merokok dan mengunyah tembakau juga mempengaruhi masalah gigi. Berbagai zat kimia dalam tembakau merusak lapisan email gigi dan menyebabkan pembentukan plak lebih cepat.

5. Mulut kering

Produksi air liur yang kurang atau xerostomia meningkatkan risiko gigi berlubang. Air liur  penting manfaatnya untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri dari mulut juga melindungi lapisan email gigi. Kondisi mulut kering meningkatkan risiko gigi berlubang

Pilihan Editor: Segera Tambal Gigi Berlubang sebelum Membahayakan Kesehatan Mulut

Baca Juga  Cara Daftar Sekolah Di Bogor Versi Kami



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *