Antisipasi TPS Rawan Banjir, BPBD DKI Bakal Terjunkan Tim Reaksi Cepat : Okezone Megapolitan

Berita69 Dilihat

JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta bakal mengerahkan tim reaksi cepat (TRC) di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang rawan banjir jelang Pemilu 2024.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengungkapkan, hal itu dilakukan guna mencegah adanya gangguan dalam pemungutan suara pada 14 Februari mendatang.

“Untuk antisipasi lokasi TPS agar tidak terganggu banjir, BPBD melalui pasukan TRC telah melakukan koordinasi dengan para lurah,” kata Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Isnawa menjelaskan, koordinasi ini bertujuan untuk memastikan penempatan lokasi TPS tidak berada persis di dekat aliran sungai yang sering terjadi banjir.

Selain itu, untuk data pemetaan lokasi rawan banjir pihaknya masih berkoordinasi dan menggunakan data TPS rawan banjir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI.

“KPU DKI telah memetakan ada sebanyak 2.841 TPS dari 30.766 TPS yang ada dilokasi rawan banjir,” ujarnya.

Diketahui, BPBD DKI juga menyiagakan 267 petugas penanggulangan bencana/TRC untuk mengantisipasi banjir. Personel tersebut ditempatkan di setiap kelurahan untuk mempercepat koordinasi penanganan bencana.

“Kami sudah punya TRC jumlahnya 267,” kata Isnawa.



Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Isnawa menerangkan tugas personel TRC antara lain menangani bencana, mengedukasi, mengikuti proses evakuasi, serta penanganan pasca-bencana. Para personel bersiaga selama 24 jam penuh.

Selain itu, BPBD DKI juga telah memetakan 25 kelurahan rawan banjir di Jakarta dengan rincian sebagai berikut:

Baca Juga  Asnawi Mangkualam: Level Timnas Indonesia Sudah di Atas Vietnam : Okezone Bola

1. Jakarta Barat berlokasi di Rawa Buaya, Tegal Alur, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, dan Kembangan Utara (lima kelurahan);

2. Jakarta Selatan berlokasi di Cipete Utara, Petogogan, Cipulir, Pondok Pinang, Ulujami, Pondok Labu, Bangka, Pejaten Timur, dan Jati Padang (sembilan kelurahan)

3. Jakarta Timur berlokasi di Bidara Cina, Kampung Melayu, Cawang, Cililitan, Cipinang Melayu, Kebon Pala, Makasar, dan Rambutan (delapan kelurahan);

4. Jakarta Utara berlokasi di Pademangan Barat, Pluit, dan Rorotan (tiga kelurahan).

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *