Biang Kerok Beras Langka di Bandung: Diborong untuk Bansos dan Kemarau Panjang : Okezone News

Berita60 Dilihat

 

JAKARTA – Stok beras di beberapa agen beras dan mini market belakangan langka. Agen beras menduga kelangkaan tersebut karena musim kampanye Pilpres dan Pileg yang memborong beras untuk bantuan sosial.

Tak hanya terjadi di DKI Jakarta, di daerah lain pun diketahui terjadi kelangkaan dan kalaupun tersedia harganya lebih tinggi dari biasanya.

Seperti di Kabupaten Bandung, Rizal salah seorang agen beras mengatakan banyak faktor, salah satunya jumlah pasokan dari produsen yang berkurang.

Rizal menyebut bahwa saat ini memang bukan waktunya panen raya dan kesulitan para pedagang untuk mendapatkan pasokan beras pun sempat tersendat sejak Januari 2024.

Rizal pemasok beras di daerah Banjaran Kabupaten Bandung tersebut mendatangkan beras dari para petani beras di Garut, Jawa Barat.

“Sebenarnya ini terjadi efek dari kemarau panjang. Selain itu para petani panen raya juga biasanya terjadi di bulan Maret, April, kebanyakan di bulan setelah Maretlah,” kata Rizal, Minggu (18/2/2024).




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lebih lanjut, dia menjelaskan kelangkaan pasokan ini juga bisa terjadi lantaran jumlah pasokan yang berkurang.

“Misal, jika biasanya petani bisa memasok 5 ton sekarang jadi 1 ton. Itu pun para agen berebut dari petani,” kata dia.

Kelangkaan ini juga dibarengi kenaikan harga. Baik beras dengan kualitas standar, menengah maupun tinggi mengalami kenaikan harga yang beragam. Menurut informasi, kenaikan harga juga dikarenakan pihak penggilingan sudah mematok harganya lebih tinggi dari biasanya.

Baca Juga  Bule Perancis Hilang di Bukit Sipisopiso, Ditemukan Terkapar di Pinggir Sungai : Okezone News

“Kelangkaan ini terjadi ditambah lagi dengan masa kampanye. Bantuan sosial dari Pilpres dan Pileg juga kan besar untuk dibagi-bagi ke masyarakat. Bukan hanya beras aja sih, telur juga sama,” ujar Rizal.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *