Cek Mata Uang yang Dipakai Orang Israel pada Zaman Dahulu : Okezone Economy

Berita98 Dilihat

JAKARTA – Cek mata uang orang Israel pada zaman dahulu akan diulas dalam artikel ini.

Mata uang Israel yang digunakan sebagai alat pembayaran sah di negara tersebut adalah Shekel. Lalu, mata uang ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

Sebelumnya, Israel berdiri sejak tahun 1948 dan satu-satunya negara mayoritas Yahudi di dunia.

Dikutip dari berbagai sumber Okezone, Rabu (1/11/2023) asal usul nama shekel yakni berasal dari referensi alkitabiah kuno dan merupakan mata uang yang pertama kali dikeluarkan Israel sejak 1948 disebut sebagai pound Palestina. Lalu, nama tersebut diubah menjadi pound Israel pada tahun 1952.

Kemudian di tahun 1954, pemerintah Israel berhenti menetapkan nilai pound Israel menjadi pond Inggris. Setelah itu, di tahun 1980 nama mata uang Israel berubah dari pound Israel menjadi shekel lama.

Shekel lama mengalami hiperinflasi sehingga digantikan dengan shekel baru pada tahun 1986. Selain itu, mata uang Shekel baru Israel ini juga digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Palestina di Tepi Barat dan jalur Gaza.


Follow Berita Okezone di Google News


Lalu, Shekel Israel merupakan mata uang yang dibagi menjadi 100 agorot dan tersedia dalam berupa koin dan uang kertas. Untuk bentuk koin memiliki pecahan 1, 2, 5 dan 10 NIS serta 10 dan 50 agorot. Kemudian untuk uang kertas memiliki pecahan 20, 50, 100 dan 200 NIS.

Sebagai informasi, Shekel Israel baru ini adalah mata uang yang cukup stabil dengan nilai yang cukup tinggi, baik di dalam negeri maupun di pasar Internasional.

Baca Juga  Kejaksaan Tak Punya Wewenang Ajukan PK Putusan Inkracht Ferdy Sambo Cs

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *