Dugaan Korupsi Dapen BUMN, Erick Thohir: Masa Tua Pekerja Dirampok Pengelola Biadab! : Okezone Economy

Berita120 Dilihat

 

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir tengah memperdalam upaya bersih-bersih BUMN. Salah satu fokusnya adalah pada pengelolaan dana pensiun (dapen) BUMN.

Perluasan audit terhadap Dapen BUMN terus dilakukan.

 BACA JUGA:

Setelah kasus Jiwasraya dan Asabri, Erick tidak berhenti disitu saja.

“Setelah kasus Jiwasraya, saya curiga dan khawatir bahwa ada persoalan yang sama pada dana pensiun BUMN,” ujar Erick dalam Konferensi Pers bersama Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Atas dasar kecurigaan itu, Erick menyebutkan, dirinya memerintahkan Kementerian BUMN untuk melakukan pengecekan langsung dana-dana pensiun BUMN.

 BACA JUGA:

Dan ternyata, dari 48 dana pensiun, sebanyak 34 di antaranya atau 70 persen berada dalam kondisi tidak sehat.

Atas temuan itu, Erick terus bergegas. Kali ini, dia meminta bantuan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan Audit Dengan Tujuan Tertentu.

Audit BPKP itu, kata Erick, dilakukan secara bertahap. Di mana pada tahap awal, audit dengan tujuan tertentu dilaksanakan pada empat dapen BUMN.


Follow Berita Okezone di Google News


Keempat Dana Pensiun ini, lanjut Erick, mengalami kerugian Rp300 miliar. Penyebabnya diduga karena penyimpangan pada investasinya.

 BACA JUGA:

“Ini amat sangat mengecewakan pekerja yang telah bekerja puluhan tahun. Masa tuanya dirampok oleh pengelola yang biadab,” kata Erick geram.

Lebih jauh, Erick pun meminta Jaksa Agung untuk tidak ragu memberantas oknum pelaku penyimpangan Dana Pensiun itu tanpa pandang bulu.

“Pak Jaksa Agung, sikat saja para oknum ini tanpa pandang bulu. Seperti yang Bapak lakukan pada kasus Jiwasraya Asabri. Saya dan seluruh jajaran di Kementerian BUMN siap berhadapan dengan siapa pun yang main- main dengan nasib para pensiunan,” tegasnya.

Baca Juga  Diduga Lakukan Pelecehan 7 Anak di Musala, Marbot di Depok Ditangkap Polisi

Atas perkembangan ini, Erick menyampaikan terimakasih kepada Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh yang telah membantu Audit para Dana Pensiun BUMN tersebut.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *