Gaji Duta Besar Indonesia di Luar Negeri : Okezone News

Berita51 Dilihat

JAKARTA – Hampir setiap negara di dunia memiliki duta besar (dubes) yang mengayomi tugasnya di kantor kedutaan besar.

Lantas, apa itu duta besar? Melansir UK Indeed, duta besar adalah diplomat senior yang mewakili suatu negara di luar negeri. Tugasnnya yakni meningkatkan hubungan internasional dan melindungi kepentingan negara.

Diplomat Senior berperan dalam mengawasi tugas-tugas diplomat junior di kedutaan, dan membangun relasi krusial dengan politisi di negara tempat mereka ditempatkan.

Menurut Career Explorer, umumnya duta besar melaksanakan tugasnya di kedutaan atau konsulat yang berfungsi sebagai perwakilan resmi dari negara asal mereka, di negara yang mereka layani.

Lokasi penempatan kerja seorang duta besar merupakan sebuah gedung yang ditempati oleh staf diplomatik, kantor administrasi, dan tempat tinggal.

Menjadi duta besar menjadi impian sebagian besar orang. Hal ini dikarenakan memiliki peluang karier yang cukup gemilang, baik menjadi diplomat maupun pegawai negeri. Bahkan bisa mendapat posisi tertinggi di pemerintahan atau organisasi internasional.

Sebagian awam bertanya terkait gaji maupun tunjangan seorang duta besar. Berapakah gaji yang didapatkan seorang duta besar?

Setiap duta besar Indonesia yang ditempatkan di luar negeri, mendapatkan gaji yang bervariasi, baik dalam hal pangkat, pengalaman, lokasi tugas, dan kondisi keuangan negara yang bersangkutan.





Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berdasarkan Peraturan Presiden RI 65 Tahun 2019 tentang Tunjangan Penghidupan Luar Negeri dan Fasilitas bagi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh, PNS, TNI, dan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia pada Perwakilan Luar Negeri, kisaran angka Dasar Tunjangan Luar Negeri sebesar USD5.400 atau sekitar Rp84.540 juta hingga USD8.700 atau sekitar Rp136.203 juta.

Baca Juga  Ladies Wajib Tahu! Ini 6 Jenis Foundation dan Fungsinya : Okezone Lifestyle

Besaran angka Pokok Tunjangan Penghidupan Luar Negeri bagi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh diberikan sebesar 100 persen, terhadap Angka Dasar Tunjangan Luar Negeri.

Kunci menjadi seorang duta besar yakni kebijaksanaan dan diplomasi, serta cerdas dalam menavigasi lanskap politik dan budaya setiap negara, sambil tetap mempertahankan representasi yang kuat bagi negaranya sendiri.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *