Henry Kissinger Meninggal Dunia Mantan Menlu AS Keturunan Yahudi, Peraih Nobel Paling Kontroversial : Okezone News

Berita159 Dilihat

MENTERI Luar Negeri ke-56 Amerika Serikat Henry Kissinger meninggal dunia di usia 100 tahun, pada Rabu, (29/11/2023). Sepanjang karier politiknya, Kissinger disebut sebagai menteri luar negeri paling berkuasa dan penuh kontroversi di era “modern” atau setelah perang dunia kedua.

Peran Kisingger sangat terasa di hampir semua belahan dunia, mulai Timur Tengah, Eropa, Amerika Latin, China sampai Asia dan Asia Tenggara. Di Arab, dia disebut sebagai pihak yang “menyelematkan” Israel dari perang dengan negara negara Arab saat konflik Israel-Palestina.




Diplomasi rahasia yang dilakukan membantu mencairkan hubungan Amerika Serikat dengan China. Kissinger menjadi satu-satunya orang Amerika yang berurusan dengan setiap pemimpin Tiongkok mulai dari Mao hingga Xi Jinping.

Peran besarnya juga terlihat saat berhasil mengajak Uni Soviet turut serta dalam dialog perjanjian pengendalian senjata nuklir besar pertama antara kedua negara yang disebut détente. Dengan diplomasi. Tapi, di sisi lain, tanggannya juga berlumuran darah atas berbagai konflik di beberapa negara.

Dia dituduh melanggar hukum internasional dengan mengizinkan pemboman rahasia di Kamboja dan an memerintahkan pemboman besar-besaran di Hanoi untuk meningkatkan tekanan di meja perundingan. pada 1969-70. Dia juga disebut memberi lampu hijau genosida Pakistan di Bangladesh.

Termasuk memberi sinyal positif “perang kotor” kepada pemerintah Argentina kepada yang disebut pembangkang. Kisingger juga dikecam karena mendukung kudeta Augusto Pinochet di Chili terhadap Presiden Salvador Allende yang terpilih secara demokratis. Pendekkata, sepanjang hidupnya, Kissinger dipuji sekaligus dicerca.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Kompolnas Cek Pengamanan Nataru dan Pemilu di Polda Lampung, Selipkan Pesan Jaga Netralitas : Okezone News


Karena itu ketika dia mendapatkan hadiah Nobel, kontroversi menyeruak dan mendapat penolakan dari banyak pihak. “Saya bekerja sekitar 15 jam sehari,” kepada CBS News beberapa minggu sebelum dia berusia 100 tahun.

Kelahiran Jerman Keturunan Yahudinya

Lahir di Jerman pada tanggal 27 Mei 1923, nama lengkapnya adalah Heinz Alfred Kissinger. Tiga bulan sebelum Kristallnacht, pada 1938, keluarga Yahudinya melarikan diri dari Nazi Jerman dan bermukim kembali di New York City. Di sini dia mulai dikenal dengan panggilan Henry.

Kissinger, resmi menjadi warga negara AS pada 1943. Dia sempat kembali ke Jerman dengan status penerjemah bahasa Jerman di Angkatan Darat AS. Kecerdasan dan kefasihan berbahasa Jermannya membuat dia disebut sebagai kandidat sempurna sebagai intelijen militer. Dan itu dibuktikan dengan perannya

Usai perang, dia mendaftar di Harvard, di mana tesis seniornya tentang “makna sejarah” menjadi legenda, menurut biografi Isaacson. Di kampus yang sama dia menyelesaikan gelar doktornya. Pada tahun 1957, dia diangkat sebagai direktur asosiasi Departemen Pemerintahan dan Pusat Urusan Internasional Harvard.

Dia juga menjadi konsultan di beberapa lembaga pemerintah, termasuk Departemen Luar Negeri. Selama kariernya, Kissinger telah mengabdi pada 12 Presiden Amerika Serikat. Kissinger meninggalkan dua anaknya, Elizabeth dan David, dari pernikahan pertamanya, serta istrinya, Nancy, yang dinikahinya pada tahun 1974.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *