Ini 7 Tips Atasi HP yang Kebasahan Saat Musim Hujan : Okezone techno

Berita79 Dilihat

 

JAKARTA – Musim hujan telah tiba. Salah satu masalah yang kerap dijumpai oleh kalian yang punya aktivitas di luar ruangan adalah HP bisa saja kehujanan sehingga berpotensi mengalami kerusakan.

Untuk mengatasinya, perlu penanganan yang benar agar tidak mengalami kerugian. Setidaknya ada tujuh cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp dari kerusakan akibat kebasahan.

Lantas apa saja itu? Berikut paparan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Selasa (26/12/2023).

1. Matikan HP

Langkah awal yang perlu dilakukan ketika hp kemasukan air adalah dengan mematikannya. Tekan tombol power off untuk meminimalisir potensi korseliting di sirkuit dan jangan pernah nyalakan hp sampai benar-benar kering. 

2. Lap seluruh bagian HP

Selanjutnya lap seluruh bagian hp hingga benar-benar kering. Usahakan menggunakan lap microfiber yang memiliki daya serap tinggi. Jangan lupa untuk mengelap setiap celah dan juga lubang yang ada di hp.

3. Cabut baterai

Ini berlaku untuk HP yang belum menggunakan baterai tanam. Biasanya di sana akan ada stiker putih yang menempel. Ketika stiker ini berubah warna menjadi pink atau merah, berarti kelembapan baterai sudah tinggi, silakan keringkan.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Jangan isi daya

Untuk HP yang sudah mengusung teknologi baterai tanam, jangan pernah coba-coba untuk mengisi dayanya karena justru akan membuat HP rusak. Keringkan dulu HP secara menyeluruh hingga ke komponen terdalamnya.

Baca Juga  Home Industri Kembang Api di Indramayu Meledak, Bangunan Porak-poranda : Okezone News

5. Keringkan menggunakan kipas

Sebelum menyalakan HP pastikan agar perangkat benar-benar sudah kering. Untuk proses pengeringan maksimal bisa dengan membongkar HP lalu arahkan kipas angin. Jangan pernah gunakan hair dryer karena malah akan merusak komponen.

6. Rendam di beras

Beras memiliki daya serap yang tinggi, mereka akan menyerap air yang ada di HP. Meskipun terkadang akan menyisakan debu atau tepung, cara ini terbukti berhasil. Biarkan HP terendam di beras semalaman.

7. Biarkan hp selama dua hari

Jika sekilas penampilan HP sudah mengering belum tentu kelembapannya juga sudah hilang. Untuk itu biarkan dulu hp dalam keadaan mati paling tidak selama dua hari untuk memastikan HP aman saat dinyalakan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *