Ini Cara Rakyat Laporkan Pelanggaran di Laman Jaga Pemilu : Okezone Nasional

Berita77 Dilihat

JAKARTA – Gerakan yang dibuat untuk memperkuat kesadaran dan pemahaman hak-hak politik, Jaga Pemilu meluncurkan website https://jagapemilu.com. Laman ini diharapkan sebagai bentuk pengawasan rakyat terhadap penyimpangan dan ketidakadilan dalam pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang.

Inisiator Jaga Pemilu, Luky Djani mengatakan bahwa walaupun website ini dibuat kolaboratif keroyokan dalam tempo sesingkat-singkatnya. Akan tetapi dia berharap website ini dapat memantau proses kampanye, tahapan pemilu, rekapitulasi, hingga perhitungan suara di KPU.




“Semua orang bisa memberikan laporan baik kecurangan pelanggaran yang dilakukan siapapun tanpa mendownload aplikasi khusus. Dengan website ini akan memudahkan orang berpartisipasi dan ikut serta melaporkan kecurangan hal-hal yang menyimpang pemilu tersebut,” kata Luky di Gedung Permata Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (5/1/2024).

Adapun masyarakat dapat melaporkan temuannya di lapangan dengan sign up menggunakan google maupun email untuk masuk ke website https://jagapemilu.com. Kemudian Tim Jaga Pemilu akan meminta pelapor untuk mengisi sejumlah data identitas guna menghindari adanya berita palsu atau hoaks.

“Kita di back end ada mekanisme verifikasi nya. Isi, data identitas, alamat domisili kamk akan membantu memverifikasi laporan sesuai dengan domisili, ada data tambahan bisa memverifikasi orang dengan jelas Identitas nya,” ujarnya.

Setelah di verifikasi, pelapor dapat melakukan pengaduan di website tersebut. Pelapor pun diminta menjelaskan secara deskriptif mulai dari siapa, tempat, dimana, tanggal kejadian pelanggaran itu.

“Mohon diisi sedetail-detailnya bisa mengupload foto dan video lalu klik tombol laporkan pelanggaran. Kemudian Laporan masuk dan akan ada tim yang mengelolanya,” ucapnya.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Kabar Duka, Bocah SD Korban Bully hingga Kaki Diamputasi Meninggal Dunia : Okezone Megapolitan

Lebih lanjut, pelapor tidak usah takut karena, Jaga Pemilu memiliki fitur untuk tidak memunculkan identitas asli. Sehingga pelapor aman dari berbagai ancaman di kemudian hari.

“Ada pilihan melaporkan pelanggaran yang nama identitas tidak dimunculkan itu bisa di klik. Namanya tidak akan muncul sehingga keamanan terjamin kalau mau bersedia muncul di website, maka akan muncul di website ini,” kata dia.

Adapun dia mengatakan website https://jagapemilu.com telah memiliki data keamanan dan kapasitas yang baik. Sehingga pihaknya bisa memberikan garansi bahwa website ini data pribadi akan menjadi aman.

Usai dilaporkan, tim Jaga Pemilu akan melakukan verifikasi di lapangan terkait temuan itu. Pelapor pun juga bisa melihat status pelaporannya hingga ke tahapan mana apakah sudah diproses atau belum.

“Kami punya Tim monitoring laporan yang disampaikan sesuai fakta dan kejadian nya. Proses nya bisa dipantau apakah sudah ditindaklanjuti atau belum dan sudah ke tahap mana misalnya rekomendasi dari pemantau jaga pemilu diberikan kepada pihak Bawaslu kemudian diteruskan ke aparat penegak hukum dan seterusnya,” kata mantan Wakil Koordinator BP ICW ini.

Terakhir dia meminta kepada seluruh masyarakat untuk berperan aktifitas dalam mengawasi pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Kami mengharapkan siapapun WNI yang ingin proses pemilu berlangsung jujur adil, tidak tercela. Kami memberikan fasilitas ruang apabila ada pelaporan dan kecurangan bisa berperan aktif dilaporkan kecurangan yang ada di depan mata,” pungkasnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *