Kebakaran Hutan Gunung Rinjani, Ratusan Hektare Lahan Hangus

Berita204 Dilihat

Losergeek.org.CO, Mataram – Ratusan hektare lahan padang ilalang dan pepohonan di lembah Gunung Rinjani, yang masuk dalam Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), mengalami kebakaran sejak Jumat, 4 Agustus 2023. Lokasinya sekitar 4-5 jam waktu pendakian dari arah pintu Aik Berik Kabupaten Lombok Tengah dan berdampingan dengan pintu pendakian Joben Titi Batu Kabupaten Lombok Timur.

Total sementara luas areal kebakaran hutan di TNGR yang telah padam adalah 205 hektare. Jenis vegetasi yang terbakar antara lain rumput, ilalang, semak, perdu, pepohonan dengan jenis dominan cemara dan bak-bakan.

Tiga rombngan pendaki asing yang naik Rinjani sebelum jalur ditutup diminta segera turun.  

Hasil pemantauan terakhir menggunakan aplikasi sistem monitoring karhutla SiPongi, Selasa 8 Agustus 2023, terdapat empat hot spsot (HS) atau titik api baru.

Kepala Balai TNGR Dedy Asriady menjelaskan, penyebab terjadinya kebakaran masih dalam pemantauan. ‘’Belum dipastikan penyebabnya,’’ kata Dedy Asriady kepada Tempo, Selasa 8 Agustus 2023 malam.

Menurut laporan Pengendali Ekosistem Hutan Balai TNGR Budi Soesmardi, dilakukan upaya pemadaman oleh tiga tim yang terdiri dari Tim 3 sebanyak delapan orang dari MPA Resort Aik Berik, Tim 4 yang berisi tiga orang dari MPA Resort Joben, dan didukung oleh Tim 5 sebanayak dua orang juga dari MPA Resort Joben.     

Mereka berbekal parang, kapak, kepyok api, pompa punggung dan dilengkapi perlengkapan pendukung berupa CCTV Gunung Kondo, GPS+Kamera, dan peralatan kemah. 

Iklan

Tim 3 via Aikbual sejak Senin, 7 Agustus 2023 melakukan pemadaman secara langsung di titik yang terdeteksi sebelumnya sebagai HS 6 dan HS 7 (Gunung Tain Manuk ke arah lereng Gunung Kondo/Sangkareang), sekitar pukul 16.00 Wita api berhasil dipadamkan. 

‘’Sementara lereng sebelah barat di sekitar Kokok Lenek, kebakaran masih terjadi dengan arah api menuju kebagian bawah dan tim terus memantau pergerakan api,’’ ujar Budi.

Baca Juga  Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Nomor HP : Okezone techno

Kebakaran ini menyebabkan dua jalur pendakian ke puncak Gunung Rinjani ditutup. Puncak ini dapat dicapai melalui enam pintu yakni Senaru, Sembalun, Torean, Timbanuh, Tetebatu, Aik Berik, dengan kuota sehari sebanyak 700 orang. 

SUPRIYANTHO KHAFID

Pilihan Editor: Pendakian ke Gunung Rinjani Kembali Diramaikan Pendaki Mancanegara



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *