Kompolnas Cek Pengamanan Nataru dan Pemilu di Polda Lampung, Selipkan Pesan Jaga Netralitas : Okezone News

Berita150 Dilihat

JAKARTA – Tim Kompolnas RI dipimpin Anggota Kompolnas Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar menyambangi Polda Lampung. Dalam kunjungannya, ia melihat proses pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 serta Pemilu 2024.

Menurut Pudji, upaya yang dilakukan Polda Lampung patut diapresiasi. Kendati, pihaknya tetap mengingatkan untuk terus meningkatkan pengamanan Pemilu sesuai tahapannya.





   

Saat berkunjung ke Polda Lampung, pihaknya diterima Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Umar Effendi, Irwasda Polda Lampung Kombes Pol Yudi Hermawan, seluruh Pejabat Utama Polda Lampung serta beberapa Kapolres.

Kapolda Lampung menyambut hangat Komisioner Pudji yang didampingi staf, Rizal saat tiba di Mapolda Lampung seraya mengucapkan, “suatu Kehormatan dan Penghargaan sekaligus harapan besar bagi kami, semoga hasil kunjungan kerja ini dapat membawa nilai-nilai manfaat dan kebaikan dalam melaksanakan tugas Polri Khususnya Polda Lampung dalam Memberikan Pelayanan kepada Masyarakat,” ujar Irjen Pol Helmy dalam keterangannnya, dikutip Sabtu (30/12/2023).

Sementara Karoops Polda Lampung Kombes Pol Amiludin Roemtaat memaparkan keseluruhan situasi kondisi dan cara bertindak dalam pengamanan Natal dan tahun baru serta pengamanan Pemilu 2024 di wilayah hukum Polda Lampung serta kesiapannya.

Selesai dari Polda Lampung, Tim Kompolnas lanjut melakukan tinjauan ke Pos Pelayanan Pelabuhan Bakauheni Lampung diterima Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusri. Situasi Pelabuhan Bakauheuni saat dikunjungi situasi aman terkendali sehubungan telah dilakukanya cara bertindak strategis dan teknis serta sinergi dengan pemangku kepentingan lainnya. Jumat 29 Desember 2023.

Anggota Kompolnas Pudji Hartanto menjelaskan, pengamanan di Pelabuhan Bakauheni Lampung dari evaluasi di tahun-tahun sebelumnya pastinya semakin baik. Ditambah dengan adanya pemanfaatan teknologi yang semakin modern saat ini, itu bisa dimanfaatkan guna mendukung tugas di lapangan.

Baca Juga  Viral Warga Teriak Ganjar-Mahfud saat Salam Dua Jari di Mobil Kepresidenan, Ini Reaksi Jokowi : Okezone Nasional


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap keamanan. “Apa yang dipaparkan oleh Kabag Ops mengenai situasi arus lalu lintas sebelum Natal dan sebelum tahun baru, Lampung Selatan ini adalah penerima arus kendaraan dari Banten sehingga dapat terpantau hal itu atas koordinasi dengan Polres Cilegon Polda Banten sesuai SOP yang dilaksanakan,” ujarnya.

Di samping itu, untuk mengatasi kontijensi bencana alam dan sejenisnya yang memerlukan tindakan cepat perlunya komitmen sinergi dengan Pemda setempat.

“Sinergitas dari Polres Lampung Selatan dengan pihak ASDP dan instansi lainnya terjalin dengan baik, hal lain yang perlu ditegaskan dalam hal antisipasi apabila seperti halnya berkaitan dengan cuaca, gelombang laut jangan sampai memaksakan untuk memberangkatkan ferynya tunggu sampai cuacu baik,” kata Pudji.

Kondisi kamtibmas dan arus lalu lintas yang aman ini mendapatkan tanggapan positif dan apresiasi di mana pelaksanaan Operasi Lilin pengamanan Natal dan tahun baru, karena kali ini berbarengan dengan Operasi Mantap Brata Pemilu 2024.

Pudji juga berkunjung di Polres Pesawaran diterima Kapolres AKBP Maya Heny Histijahubesy, dan di Polresta Lampung diterima Kapolresta Lampung Kombes Pol Ino Harianto, para pimpinan Polri. Ia menekankan agar sering mengingatkan mengenai pentingnya komitmen netralitas anggotanya dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Polda Lampung dan Polda di seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan pengamanan Pemilu sesuai dengan tahapannya dan mewujudkan pemilu aman damai, sebagaimana deklarasi yang telah dilaksanakan, baik itu deklarasi damai maupun deklarasi netralitas.

Baca Juga  Top 3 Dunia: Fakta Mossad, Prangko Jet Tempur F-16, Kedutaan Cina Kritik Rusia

Pudji berharap para pimpinan Polri bisa memberikan reward atau penghargaan kepada anggota yang dalam tugasnya betul-betul berjuang menghadapi rintangan medan yang berat untuk membantu mengangkut atau mengamankan logistik pemilu, dan menindak dengan tegas apabila ada anggota Polri yang melanggar.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *