Lebih dari 1000 Anak di Indonesia Terkena Diabetes, Kok Bisa? : Okezone health

Berita111 Dilihat

DIABETES bukan hanya menyerang orangtua melainkan anak-anak di Indonesia. Project Lead Changing Diabetes in Children (CDiC) dan Direktur Eksekutif International Pediatrics Association, Asosiasi Dokter Anak Sedunia Aman Bhakti Pulungan menyebut kasus diabetes anak di Indonesia telah mencapai 1.100 anak.

“Yang masuk ke CDiC itu sekitar 1.100an, dari 0-25 tahun. Mostly, 90-95 persen tipe satu,” kata Aman Bhakti dalam acara konferensi pers secara virtual, Sabtu 11 November 2023.

Namun, Aman Bhakti percaya jika pada kenyataannya lebih banyak lagi anak Indonesia yang terkena diabetes akibat orangtua yang tidak menyadari kondisi buah hatinya. Khususnya untuk diabetes tipe 2. Aman membuktikan jika banyak sekali yang datang ke rumah sakit dalam kondisi yang sudah parah.

“Diagnosisnya ini terlambat. Jadi kalau baru awal-awal tipe 2 enggak tahu kalau diabetes. Pas udah banyak komplikasi dan sudah parah datang ke kita (dokter anak),” tutur Aman Bhakti.

Dengan demikian, Aman yakin jika saat ini jumlah anak-anak penderita diabetes tipe 2 sudah lebih dari 5-10 persen. Terkait hal ini, Aman Bhakti memperingati orangtua agar lebih perhatian terhadap anak-anaknya agar diabetes dapat terdeteksi lebih dini. Salah satu caranya yakni dengan mengetahui gejalanya.

“Semua orangtua harus paham jika anaknya banyak makan, banyak minum, banyak kencing, tampak loyo yang pertama harus dipikirkan adalah diabetes,” tutur Aman Bhakti.

Ketika menemukan gejala tersebut pada anak, langsung bawa mereka ke rumah sakit untuk mendapat rancangan pengobatan dari dokter. Cara ini tentu menghindari terjadinya komplikasi dalam tubuh anak.


Follow Berita Okezone di Google News


(Leo)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Bantah PDIP, Gerindra Klaim Program Food Estate Solusi Pangan Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *