Mahfud MD Tugaskan Menag Gus Yaqut dan Gubernur Ridwan Kamil Kawal Ponpes Al Zaytun

Berita231 Dilihat

Kamis, 3 Agustus 2023 – 18:03 WIB

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan atau Menkopolhukam, Mahfud MD, menugaskan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengawal Pondok Pesantren atau Ponpes Al Zaytun sekaligus melakukan pendampingan.

Baca Juga :

Mahfud Jamin Warga Ponpes Al Zaytun Haknya Tetap Dipenuhi

Hal itu dilakukan, agar proses pendidikan tidak terganggu dan tetap berjalan pasca Panji Gumilang ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Mabes Polri.

“Kami menyadari bahwa energi terbesar dari penyelenggaraan Pondok Pesantren Al Zaytun terutama masalah manajemen dan pendanaan itu ada di bawah kendali Panji Gumilang, maka tadi kami rapat, yang hadir adalah Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Kepala PPATK, Kabareskrim, serta Gubernur Jawa Barat. Keputusannya banyak, tapi dua yang ingin disampaikan hari ini,” kata Mahfud usai rapat koordinasi di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Agustus 2023.

Baca Juga :

Pekan Depan, Panji Gumilang Bakal Diperiksa Terkait Kasus Dugaan TPPU

Pertama, kata Mahfud, menugaskan Menag didampingi oleh Gubernur Ridwan Kamil dan Bareskrim Polri, untuk melakukan pendampingan kepada Pondok Pesantren Al Zaytun.

“Agar pendidikan kepesantrenan yang berjalan sehari-hari sampai saat ini dijamin keberlangsungannya,” kata Mahfud. 

Baca Juga :

Mahfud MD: Kemenag Asesmen Pendidikan Santri dan Tenaga Pendidik Pesantren Al Zaytun

Selain itu, lanjut Mahfud, Kementerian Agama juga diberi wewenang untuk melakukan assessment terhadap penyelenggaraan pendidikan maupun tenaga-tenaga pendidik untuk menyelenggarakan pendidikan Pondok Pesantren Al Zaytun sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan. 

Mantan Ketua MK itu juga menugaskan Bareskrim, untuk memberi jaminan keamanan terhadap siapa pun yang akan melakukan proses-proses hukum dan pemeriksaan terhadap lingkungan pesantren. Mahfud meminta agar warga pesantren jangan panik, karena hak-haknya akan tetap diberikan sepenuhnya dan dilindungi. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *