Mengenal Apa Itu Ekspansi, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

Berita186 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Dalam berbisnis tentunya kita akan lebih sering mendengar istilah ekspansi. Lalu, apa itu ekspansi sebenarnya?

Ekspansi adalah sebuah istilah yang mengacu pada perluasan maupun pertumbuhan suatu bisnis. Kata ekspansi biasanya digunakan untuk perluasan bisnis seperti tempat, karyawan hingga modal.

Berikut ini informasi lengkap tentang ekspansi, jenis, tujuan, dan beberapa contohnya. 

Pengertian Ekspansi

Ekspansi adalah sebuah upaya sebuah bisnis dalam mengembangkan unit usahanya dari yang terkecil menjadi lebih besar. Perkembangan atau ekspansi ini terjadi karena adanya peningkatan produk, baik dari segi barang ataupun layanan. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut jika ekspansi adalah aktivitas memperluas sebuah bisnis yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, dan lain-lain. 

Ekspansi juga bisa dipahami sebagai peningkatan aktivitas ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha.

Jenis Ekspansi

Dalam dunia bisnis terdapat beberapa jenis yang sering dilakukan suatu perusahaan, sebagai berikut.

1. Ekspansi Bisnis

Ekspansi bisnis ini merupakan jenis ekspansi yang sering dilakukan oleh pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya. Seperti ketika pengusaha ingin menambah kapasitas produk atau distribusi guna untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Ada beberapa macam ekspansi bisnis yang sering dilakukan oleh pengusaha sebagai berikut.

  • Merger (penggabungan perusahaan) adalah ekspansi yang dilakukan perusahaan untuk menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi satu.
  • Akuisisi (pemerolehan) adalah mengambil alih kepemilikan saham ataupun aset perusahaan oleh suatu kelompok atau investor tertentu.
  • Leveraged buyout (pembelian terutang) adalah suatu cara untuk memiliki bisnis dengan cara meminjam uang serta melakukan pembelian.
  • Hostile takeover (pengambilalihan paksa) adalah melakukan akuisisi secara paksa yang dilakukan suatu perusahaan. Hal ini dilakukan ketika pemilik saham membuka penawaran kepada bisnisnya.
  • Joint venture (mendirikan usaha patungan) adalah upaya suatu investor atau perorangan dalam mendirikan usaha patungan yang nantinya dijalankan bersama-sama.
Baca Juga  Canda Menteri Basuki Enggan Ajak Sri Mulyani ke IKN Kalau Pakai Baju Pink

2. Ekspansi Kredit

Iklan

Ekspansi dalam dunia ekonomi memiliki konteks yang berbeda, yakni ekspansi kredit atau penambahan kredit yang dibebankan kepada seseorang. 

Ekspansi kredit ini terjadi jika tanggungan kredit A bertambah karena selain membayar kredit laptop, A harus membayar kredit mobil.

3. Ekspansi Pasar

Ekspansi pasar adalah suatu kegiatan perusahan untuk menambah pasar baru. Hal ini dilakukan ketika pengusaha sudah cukup terkenal dan meraih banyak keuntungan di lokasini ini, sehingga perlu mendapatkan pasar yang lebih luas.

Tujuan Ekspansi

Ada beberapa tujuan sebuah perusahaan ketika melakukan ekspansi, sebagai berikut:

  • Bisa mendominasi pasar dan mengendalikan pasar
  • Menghasilkan keuntungan lebih banyak
  • Meningkatkan daya saing antar perusahaan
  • Menarik konsumen lebih luas
  • Memperluas biaya agar bisa menurunkan harga per-unit
  • Mempengaruhi investor melalui jumlah profit yang diperoleh

Contoh Ekspansi

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait ekspansi maka kita juga perlu mengetahui apa saja contoh ekspansi tersebut.

  • Semen Gresik Tbk, perusahaan ini mendirikan holding company atau induk perusahaan untuk Semen Gresik. Kemudian melakukan ekspansi atau perluasan dengan membuka cabang atau instansi di bawahnya.
  • Alibaba Group Holding Ltd adalah salah satu perusahaan multinasional yang tengah berkembang dalam bidang bisnis digital atau biasa dikenal dengan e-commerce. Alibaba kemudian melakukan ekspansi bisnisnya ke berbagai belahan dunia, contohnya di kawasan Eropa dan Amerika.

Itu dia informasi terkait ekspansi bisnis, jenis, dan juga beberapa contohnya. Semoga bermanfaat.

KHOLIS KURNIA WATI (MAGANG SEO)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *