Pedagang Curhat ke Ganjar Pranowo soal Mahalnya Harga Cabai : Okezone Economy

Berita131 Dilihat

BOYOLALI – Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo blusukan ke Pasar Kebon Agung di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Capres yang diusung Partai Perindo ini menemui sejumlah pedagang sambil mendengarkan keluhan pedagang soal harga pangan.



“Yang biasanya Rp10 ribu sekarang Rp14 ribu dan ternyata ini sudah cukup lama. Yang kedua, kita belum bisa untuk mengendalikan cabai, bawang, tapi eksekusinya memang terkait pada saat panen dan tidak panen,” ujar Ganjar di Pasar Kebon Agung, Sabtu (30/12/2023).

Ganjar kerap mendapatkan keluhan dari pedagang terkait mahalnya harga beli di tingkat petani. Sebelumnya, Ganjar juga menemukan keluhan serupa saat menemui pedagang di Pasar Kota Wonogiri.

Menurut Ganjar, harga pangan dan kebutuhan yang stagnan dan terhitung tinggi dikarenakan kelangkaan pupuk akibat adanya kebijakan pengurangan subsidi dari pemerintah.

“Produksi mesti betul-betul kita perhatikan, karena kalau suplainya kurang maka kondisinya menjadi seperti ini. Kalau produksinya mau kita jaga, maka kita sudah harus menyiapkan teknologi yang lebih baik, daerah mana, sentra apa, kebutuhannya apa,” jelas Ganjar.

Untuk mengatasi persoalan yang dialami para pedagang, Ganjar menyebutkan bakal menyiapkan bantuan modal usaha khusus untuk pelaku usaha dan pedagang kecil melalui perbankan.

Baca Juga: Kendalikan Keuangan Sejak Dini dengan Satu Kartu Aja!


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hal itu pernah dilakukan Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah. Saat itu, Ganjar menggandeng Bank Jateng membuat program Kredit Lapak dengan memberikan plafon kredit kepada ibu-ibu sebesar maksimal Rp2 juta dengan suku bunga rendah 2 persen per tahun. Lalu Ganjar juga menaikkan plafon kredit ibu-ibu menjadi maksimal Rp25 juta dengan suku bunga yang sama.

Baca Juga  Merger 2 Anak Usaha, Ini Penjelasan Dirut Danareksa : Okezone Economy

Ganjar bakal melakukan kebijakan serupa jika terpilih menjadi Presiden 2024-2029 dengan menggandeng satu perbankan untuk menyalurkan kredit ke pedagang kecil dengan suku bunga rendah.

“Atau memberikan penugasan pada perbankan pada umumnya untuk menyalurkan kredit pada yang kecil-kecil, termasuk pedagang pasar seperti ini. Mereka pasti ingin modal yang cepat, suku bunganya tidak tinggi seperti waktu Kredit Lapak kita buat itu untuk merespons pedagang pasar yang butuh modal Rp500 ribu, Rp1 juta, Rp3 juta,” ungkap Ganjar.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *