Penderita Diabetes Dilarang Gunakan Sendal Jepit saat Musim Hujan, Ini Alasannya : Okezone health

Berita39 Dilihat

DOKTER spesialis penyakit dalam, dr. Doddy Rizki Nugraha menyarankan para penderita diabetes agar tidak menggunakan sendal jepit dalam beraktivitas sehari-hari. Terutama saat musim hujan, penggunaan sendal jepit bahkan dilarang.

Dalam sebuah postingan di media sosial Instagram, Senin (12/2/2024) dr. Doddy Rizki Nugraha menyebut penggunaan sendal jepit dapat menyebabkan kaki tergores hingga luka. Apabila ini terjadi di musim hujan, maka luka akan rawan infeksi.

“Hindari sendal jepit bagi pasien diabetes. Terlebih musim hujan seperti ini kulit kaki jadi lembab, gatal, kuman mudah nempel. Kasus luka diabetes meningkat di musim hujan karena kaki jadi mudah infeksi, luka, tergores, dll,” tulisnya.

Lebih lanjut dr. Doddy mengatakan luka pada penderita diabetes berpotensi mengakibatkan amputasi. Dia pun mengimbau agar para penderita diabetes senantiasa menggunakan sendal yang nyaman, misalnya adalah sendal dengan desain slip.

Dokter Doddy merekomendasikan penderita diabetes agar mengenakan sendal khusus yang bagian depannya tidak sempit, alas yang empuk, dan bagian tepi sendal terlindung. Sendal khusus diabetes sendiri banyak tersedia di pasaran.

“Ketika menyandang status sebagai diabetes, kaki bagaikan mahkota dan prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati. Tidak perlu berdebat diabetes basah vs kering karena setiap pasien berisiko. Pilihlah alas kaki (khusus) apapun mereknya,” tutup dr. Doddy.



Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Leo)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Potret dan Profil Laura Moane, Pesinetron yang Dikabarkan Dekat dengan Al Ghazali : Okezone Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *