Punya Potensi Besar, Industri Sawit RI Bak Emas yang Kurang Dipoles : Okezone Economy

Berita119 Dilihat

JAKARTA – Industri sawit masih strategis untuk memajukan perekonomian Indonesia. Pasalnya industri ini bisa memberikan lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat dan bisa meningkatkan nilai ekspor Indonesia.

Di Indonesia, produksi utama industri sawit ialah Crude Palm Oil (CPO). Produksi CPO di Indonesia pada 2022 hampir menyentuh angka 46,73 juta ton.

Namun disatu sisi konsumsi CPO tahun 2022 dalam skala nasional hanya 20,97 juta ton. Hal tersebut membuat puluhan juta sawit Indonesia tidak seluruhnya terserap.

Oleh karena itu, penting di sini peran pemerintah untuk mengoptimalkan kegiatan ekspor sawit demi menyerap sisa produksi sawit dalam negeri.

Menurut Direktur Ekskutif Segara Research Piter Abdullah Redjalam, pemerintah sebenarnya sudah melakukan upaya yang sifatnya positif untuk kemajuan ekspor CPO.

“Pemerintah kini telah menyiapkan upaya-upaya untuk meningkatkan ekspor di kancah dunia dan perlu kita apresiasi,” ucapnya, Senin (2/10/2023).


Follow Berita Okezone di Google News


Namun, kata Piter, pemerintah jangan sampai mengeluarkan regulasi yang bisa menghambat ekspor CPO.

“Pemeritah harus berhati-hati dalam menentukan kebijakan apalagi terkait ekspor sawit. Jangan sampai ada hambatan hambatan baru, supaya industrii sawit ini bisa jadi andalan kita. Jangan sampai produk unggulan kita di global hilang,” ucapnya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Bom Rakitan Koyak Truk, 11 Buruh Pakistan Tewas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *