Ratusan Influencer Berkumpul di Candi Prambanan Ikuti Kompetisi Memasak

Berita206 Dilihat

Losergeek.org.CO, Yogyakarta – Tak kurang dari 120 influencer yang selama ini kerap me-review makanan di media sosial berkumpul di Lapangan Garuda Mandala Candi Prambanan Yogyakarta, Sabtu, 12 Agustus 2023. Ratusan influencer itu ditantang berkreasi mengolah makanan khas Indonesia yang hasilnya dinilai sejumlah juri kenamaan.

Para juri  yang terlibat dalam acara berjudul Finna Foodies Cooking Competition itu antara lain eks juri Masterchef Indonesia, Chef Marinka, Chef Ken Kurniawan atau Chef Ken, dan Chef Ben. Adapun ratusan influencer yang menjadi peserta event itu berdatangan dari Yogyakarta, Solo, Semarang, Salatiga, juga Klaten. 

Kuliner Nusantara di Candi Prambahan: Menarik Bagi Wisatawan

Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Joshua Puji Mulia Simanjuntak mengatakan, kegiatan memasak masakan Nusantara berlatar belakang Candi Prambanan menjadi menarik karena jarang terjadi. “Selama ini kompetisi memasak lebih sering dilakukan di pusat-pusat kota, mal atau pusat perbelanjaan, masih jarang yang berkolaborasi dengan kawasan destinasi seperti Candi Prambanan ini,” kata Joshua.

Candi Prambanan sendiri berlokasi di perbatasan Kabupaten Sleman Yogyakarta dan Kabupaten Klaten Jawa.Tengah, atau sekitar 16-17 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Candi Hindu yang dibangun Rakai Pikatan pada abad 9 Masehi di masa Kerajaan Mataram Kuno itu termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO.  

Memadukan memasak kuliner Nusantara di salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia dapat menjadi daya pikat wisatawan. Apalagi, kata Joshua, dunia kuliner kini menjadi bagian gaya hidup masyarakat. Sehingga praktis akan lekat dengan turunannya di sektor wisata. 

Ratusan influencer berbagai daerah berkumpul di Lapangan Garuda Mandala Candi Prambanan Yogyakarta mengikuti kompetisi memasak Sabtu (12/8). Tempo/Pribadi Wicaksono

“Kuliner dan wisata ini dua hal tak terpisahkan,” kata Joshua, “Orang saat berwisata tak sekadar mengunjungi destinasi, tapi juga biasanya berburu kuliner khas di destinasi yang dikunjungi itu.”

Baca Juga  Link Live Streaming Bali United vs Central Coast Mariners di AFC Cup 2023-2024, Klik di Sini! : Okezone Bola

Indonesia Getol Gulirkan Spice Up the World

Joshua menambahkan, saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif getol menggenjot pertumbuhan kuliner Tanah Air di mancanegara. Salah satunya lewat kebijakan Indonesia Spice Up The WorldGerakan itu, kata Joshua, menargetkan dapat mengembangkan 4.000 restoran Indonesia di luar negeri sehingga dapat meningkatkan nilai ekspor bumbu dan rempah.

Iklan

“Masakan Indonesia terkenal kaya bumbu dan rempah, jadi jangan sampai terjadi, usaha usaha restoran Indonesia di luar negeri itu tak kunjung berkembang karena masih kesulitan mencari bumbu dan rempah,” kata dia.

Terlebih, belakangan, pamor masakan Indonesia di mata dunia sudah naik. Salah satunya rendang asal Padang.  

Tantangan Bagi Influencer untuk Memasak

Herman Kurniawan, perwakilan panitia kompetisi memasak itu mengatakan yang menarik dari gelaran itu karena peserta merupakan influencer yang selama ini sering mengulas berbagai makanan di akun media sosialnya. “Kali ini para influencer itu yang harus memasak masakan dan dinilai orang lain, dalam hal ini juri yang kami datangkan,” kata Herman.

Herman menuturkan dari gelaran itu, para peserta hanya diberi bahan-bahan tertentu yang tak diketahui sebelumnya, diletakkan dalam kotak khusus tersegel. “Dari proses kompetisi ini kami berharap ada inovasi inovasi kuliner baru kuliner yang menginspirasi,” kata dia.

Chef Marinka, mengatakan, kompetisi ini mengandalkan kecepatan sekaligus wawasan dan keterampilan peserta dalam mengolah bahan pangan yang tidak diberitahukan dulu sebelumnya. “Jadi peserta tidak bisa asal cepat masak saja, masakannya juga harus menang secara rasa,” kata dia.

Pilihan Editor: Festival Seribu Candi Digelar di Candi Prambanan, Sajikan Warisan Budaya Tak Benda Selama Tiga Hari



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *