Sambut Bursa Karbon, RI Tegaskan Komitmen Ini

Berita209 Dilihat

Jumat, 11 Agustus 2023 – 14:06 WIB

Jakarta – Bursa Karbon diperkirakan akan diluncurkan pada September 2023 mendatang, setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merampungkan Peraturan OJK (POJK) tentang penyelenggaraannya.

Baca Juga :

KPK: Kabasarnas Henri Alfiandi Akui Terima Uang dari Pelelangan Proyek di Basarnas

Nantinya, bursa karbon itu akan mengatur perdagangan dan mencatat kepemilikan unit karbon berdasarkan mekanisme pasar, untuk mengurangi emisi gas rumah kaca melalui kegiatan jual beli unit karbon.

Menyambut hal tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, menyatakan dukungannya pada sejumlah inisiatif dan pengembangan teknologi Penangkapan, Pemanfaatan, dan Penyimpanan Karbon (CCUS) atau Penangkapan dan Penyimpanan Karbon (CCS). Hal itu sebagai bagian dari upaya transisi energi, dan mencapai target pengurangan emisi.

Baca Juga :

Heru Budi Hartono Jalani Evaluasi di Kemendagri, Proyek ITF yang Disetop jadi Sorotan

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves, Jodi Mahardi, menyatakan dukungannya dalam mendorong perkembangan teknologi CCS di Indonesia. Dewan Pengawas International & Indonesia CCS (IICCS) itu menilai, kerja sama sektor publik dan swasta merupakan hal yang sangat penting, dalam upaya mencapai tujuan bersama guna mengatasi perubahan iklim.

Baca Juga :

PTPP Cetak Laba Bersih Rp 124 Miliar di Semester I-2023

“Pemerintah Indonesia mendukung penuh upaya investor dan seluruh pemangku kepentingan lainnya, dalam memajukan CCS,” kata Jodi dalam keterangannya, Jumat, 11 Agustus 2023.

Indonesia dengan potensi penyimpanan karbon yang cukup signifikan, merupakan negara yang memiliki kelebihan kompetitif sebagai pilihan utama investasi proyek CCS. Indonesia menyadari urgensi untuk mengatasi tantangan iklim dan mengambil tindakan proaktif, untuk mengurangi jejak karbonnya secara signifikan.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *