Terbang ke Qatar, Menlu AS Fokus Cegah Konflik yang Lebih Luas : Okezone News

Berita64 Dilihat

QATAR Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan dia fokus untuk mencegah konflik yang lebih luas pada saat ketegangan mendalam di Timur Tengah (Timteng) yang dapat dengan mudah menyebar.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat konferensi pers dengan Perdana Menteri (PM) Qatar dan Menteri Luar Negeri Mohammed bin Abdulrahman Al Thani di Doha pada Minggu (7/1/2024).





   

“Kami sangat fokus dalam upaya mencegah penyebaran konflik. Dan hal ini memang menjadi fokus utama dalam kunjungan saya yang keempat ke kawasan ini sejak tanggal 7 Oktober. Hal ini menjadi inti diskusi kemarin dengan Presiden Erdogan dan Perdana Menteri Mitsotakis, pagi ini dengan Raja Abdullah dari Yordania, dan dalam pertemuan-pertemuan yang saya lakukan. baru saja dengan Emir dengan perdana menteri,” katanya.

Al Thani juga memperingatkan peningkatan konflik di wilayah tersebut dan secara khusus mengutuk serangan baru-baru ini di Beirut dan Suriah.

“Kejadian baru-baru ini yang kita saksikan di Lebanon atau Suriah, sayangnya, merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan negara-negara tersebut dan kita juga dapat melihat adanya pelanggaran yang terus menerus. Target atau tujuan utama kami adalah menghentikan perang ini dan menghindari eskalasi yang lebih besar di kawasan,” ujarnya.

Al Thani menegaskan kembali seruannya untuk gencatan senjata dan mengatakan hal itu akan memiliki “implikasi positif” di wilayah tersebut.

Blinken mengabaikan pertanyaan apakah negara-negara Arab benar dalam menyerukan gencatan senjata. Dia mengatakan AS ingin memastikan serangan 7 Oktober tidak akan terjadi lagi, yang berarti menghadapi ancaman yang terus ditimbulkan oleh Hamas, kata Blinken.


Follow Berita Okezone di Google News

Baca Juga  5 Potret Menggemaskan Levian Leslar, Anak Lesti Kejora dan Rizky Billar yang Resmi Ganti Nama : Okezone Lifestyle


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Tetapi seperti yang telah kami jelaskan sejak hari pertama, dalam menghadapi tantangan yang sangat, sangat sulit ini, sangat penting untuk melakukan hal tersebut dengan cara yang mengutamakan perlindungan warga sipil. Memastikan masyarakat mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan,” tambah Blinken, berbicara tentang perang Israel melawan Hamas.

Menanggapi pertanyaan tentang apakah AS harus memberikan syarat pada penyediaan senjata kepada Israel, Blinken mengatakan mereka akan terus memastikan bantuan militer AS digunakan sesuai dengan hukum internasional.

“Bantuan militer apa pun yang kami berikan – kepada negara mana pun, termasuk Israel – memiliki persyaratan termasuk penggunaan senjata sesuai dengan hukum internasional dan kemanusiaan – hukum perang. Dan itu adalah sesuatu yang kami perhatikan dengan sangat hati-hati dan berkelanjutan. Dan kami akan memastikan dalam kasus ini, seperti dalam kasus lainnya, bahwa senjata apa pun yang kami sediakan digunakan sebagaimana mestinya. Itu adalah sesuatu yang kami anggap sangat serius dan akan terus kami lakukan,” katanya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *