Viral Polisi Bersepatu Masuk Masjid Usir Paksa Pendemo

Berita218 Dilihat

Minggu, 6 Agustus 2023 – 00:02 WIB

Sumatera Barat – Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Barat, mengusir paksa warga Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat saat berdiam diri didalam kawasan Masjid Raya Sumbar, Sabtu 5 Agustus 2023. Bahkan beredar, video personel kepolisian memasuki masjid dengan mengenakan sepatu dan seragam lengkap.

Baca Juga :

Gerak Relawan Prabowo Bangun Dukungan Masyarakat: Kegiatan Kemanusiaan hingga Lomba Olahraga

Diketahui, ribuan warga Air Bangis sejak lima hari terakhir menggelar aksi demonstrasi didepan kantor Gubernur Sumbar. Mereka, menolak rencana proyek strategi nasional (PSN) yang diajukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Selama berada di kota Padang, ribuan warga ini menginap di kawasan Masjid raya Sumbar.

Polisi bersepatu masuki area Masjid Raya Sumbar

Baca Juga :

Perkuat Basis Dukungan, Relawan Herviano Luncurkan Bantuan untuk Masyarakat

Video insiden pengusiran yang dilakukan personil Kepolisian itu, memantik perhatian pakar Hukum Tata Negara, Feri Amsari. Mengatasanamakan Koalisi Masyarakat Sumbar, Feri menerbitkan surat terbuka yang ditujukan ke Presiden RI, Menkopolhukam, Kapolri dan Komisioner Komnas HAM RI. Surat itu, ia bagikan melalui laman facebook miliknya.

Dikutip dari surat terbuka itu, Feri menulis kejadian ini bermula dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diusulkan Pemerintahan Provinsi Sumbar terkait Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) pada daerah Aia Bangih, Pasaman Barat-Sumbar yang berujung pada terjadinya upaya pengusiran paksa terhadap masyarakat di Masjid Raya Sumbar. 

Baca Juga :

PAN Gerakkan Tim Gercep 12 Bantu Masyarakat yang Kesulitan

“Upaya mengusir jamaah Masjid yang sekaligus demostran terkait ISPO itu, mengabaikan nilai-nilai agama. Misalnya, memasuki masjid tanpa membuka sepatu dan berteriak-teriak. Padahal, dalam Islam dilarang berteriak (meninggikan suara) dalam masjid,”kata Feri Amsari, Sabtu 5 Agustus 2023.

Baca Juga  Kampanye di Banyuwangi, Mahfud Janji Lunasi Utang Petani dan Nelayan : Okezone News

Feri juga menulis, harus diingat oleh aparat bahwa masjid bukanlah tempat masyarat berdemo tapi beristirahat. Tidak terdapat hak aparat negara untuk mengusir masyarakat yang sedang berada di rumah ibadah berdasarkan Pasal 28 dan Pasal 29 UUD 1945. 

Halaman Selanjutnya

Sebagai bahan pertimbangan kata Feri, kronologis peristiwa hari ini antara lain, Wakil Bupati Pasaman Barat bersama Polresta Padang mengajak warga air bangis untuk pulang ke air bangis, wabup sudah menyiapkan bus.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *